Senin, 07 Maret 2011

Apa Alasan Teknis Gunakan Wimax

Bukan untuk bersaing dalam teknologi tetapi WIMAX hanya berusaha memberikan alternatif akses broadband nirkabel untuk DSL jaringan kabel. WiMAX dapat menyediakan jangkauan wilayah layanan linear hingga sekitar 48 km tanpa berhadapan langsung, dengan transmisi data sekitar 1 Mbps untuk konektivitas DSL seribu rumah.
Realita dari Hasil pengujian ternyata konektivitas WIMAX terbatas sekitar 500 Kbps dan dapat terus meningkat sebagai teknologi yang terus berkembang dan akhirnya WiMax akan digunakan untuk menyediakan VOIP, video, dan akses Internet secara bersamaan seperti saat ini banyak digunakan oleh operator selluler.
Dengan unit produk ukuran kecil dengan port sambungan telepon dan jaringan sudah dipasarkan dengan Kompatibilitas Layanan Broadband Wireless

Koneksi ke backbone internet bisa melalui kabel serat optik atau microwave link.
Teknologi ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan bandwidth untuk sejumlah aplikasi data-intensif.
Kemampuan potensi dalam menyediakan platform bandwidth yang sangat tinggi untuk lalu lintas jaringan telepon selular atau bahkan di daerah terpencil membuat WiMax menjadi pilihan alamiah sebagai alternatif pengganti DSL tradisional yaitu kabel tembaga.

Sebagai teknologi generasi berikutnya WIMAX bertujuan mengganti standar DSL dan sambungan kabel. Berdasarkan pada standar IEEE 802.16, secara bertahap WIMAX mendapatkan lahan sebagai ISP wireless broadband masa depan.
Teknologi WiMax memiliki potensi untuk lebih memperluas akses broadband ke daerah-daerah terpencil dan meningkatkan akses di daerah-daerah yang ada konektivitas.

Tidak ada komentar: