Rabu, 16 Februari 2011

Camcorder HD untuk Videografer Pro

Canon memberi alternatif bagi para videografer profesional lewat dua camcorder teranyarnya, Canon XF 305 dan XF 300. Keduanya memiliki kemampuan merekam dalam format MPEG-2 Full HD (4:2:2) dengan 50 Mbps HD Codec. Menariknya, alih-alih kaset atau DVD, dua seri Canon XF ini memakai kartu Compact Flash sebagai media penyimpanan sehingga lebih ringkas dan fleksibel.


Canon menjanjikan gambar yang lebih tajam, detail, dan natural berkat dukungan teknologi di dalam XF 305 dan XF 300. Antara lain: tiga Native Canon Sensor CMOS, lensa L-series HD Video Lens 18x dengan zoom 35mm, prosesor Digic III DV, serta monitor LCD 4 inci beresolusi 1,23 megapixel. Juga terdapat fitur mikrofon built-in dan dual XLR input.untuk menangkap sumber audio eksternal.

Khusus untuk Canon XF 305, bahkan ada fitur Terminal Output Genlock, Time Code, dan HD/SD-SDI terminal. Tiga kapabilitas ini berfungsi untuk pembuatan video multikamera dan film 3D.

Canon XF 305 dan XF 300 pun memudahkan proses penyuntingan. Hal ini dimungkinkan berkat kompatibilitas kontrol Non-Linear Editing (NLE), sistem editing video populer masa kini. Pada sistem ini, editor lebih gampang mengubah-ubah susunan frame guna memperoleh alur video yang diinginkan. Teknisnya mirip cut-and-paste pada aplikasi pengolah dokumen.


Untuk hasil rekaman, Canon XF 305 dan 300 memilih MXF (Material Exchange Format) yang merupakan format terbuka. Di dalamnya, tergabung track video, audio, dan metadata pada satu file tunggal. Format ini berguna untuk memaksimalkan kompatibilitas hasil video yang sudah ada dengan sistem penyuntingan NLE.

“Mengandalkan sekian banyak fitur mutakhir, Canon XF 300 dan 305 sengaja dirancang untuk videografer profesional. Mereka tidak hanya mengharapkan kualitas terbaik dalam menghasilkan video HD, tapi juga kenyamanan saat pengoperasian dan proses editing setelahnya," ujar Merry Harun (Direktur Canon Division PT Datascrip).

Karena ditujukan bagi kalangan profesional, wajar jika Datascrip selaku distributor produk digital imaging Canon membandrol harga sekitar Rp79.650.000 untuk Canon XF 300 dan Rp90.810.000 untuk Canon XF 305.

Tidak ada komentar: