Jumat, 10 April 2009

Sistem Operasi LINUX

Secara teknis dan singkat dapat dikatakan, Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell. Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, LINUS TORVALDS, yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi, suatu penamaan yang biasa digunakan untuk mengacu ke pada suatu kumpulan lengkap software, yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap.
Perbedaan mendasar Linux
Satu hal yang membedakan Linux terhadap sistem operasi lainnya adalah, harga. Linux ini GRATIS. Berarti dapat diperbanyak, dan didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang. Tetapi banyak isue lainya dengan bersifat free, selain dari pertimbangan harga. Source code Linux tersedia bagi setiap orang. Perkembangan Linux menunjukkan pentingnya perananan kebebasan ini. Hal ini telah menghasilkan suatu tingkat keterlibatan yang menakjugkan dari ribuan atau bahkan ratusan ribu orang di seluruh dunia. Kebebasan ini telah memungkinkan para vendor perangkat keras membuat driver untuk divais tertentu tanpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal, atau menandatangani non descructive agreement. Dan itu juga telah menyediakan kemungkinan bagi mahasiswa ilmu komputer di seluruh dunia untuk melihat ke dalam suatu sistem operasi yang nyata dan berkualitas komersial. Karena Linux itu tersedia secara bebas di Internet, berbagai vendor telah membuat suatu paket distribusi, yang dapat dianggap sebagai berbagai versi kemasan Linux. paket ini termasuk lingkungan Linux lengkap, perangkat lunak untuk instalasi, dan mungkin termasuk perangkat lunak khusus, dan dukungan khusus.
Kelebihan linux
• Linux adalah sistem yang Open Source
• Freeware yaitu software yang bersifat free tanpa ada tuntutan dari hak cipta
• Minimal hardware yaitu tidak begitu membutuhkan hardware yang terlalu besar kapasitasnya maupun biayanya.
• Stabilitas yaitu stabil digunakan sebagai apa saja, baik Server maupun Client
• Shared Libraries tidak merusak sistem lainnya jika di install dengan versi yang lainnya. Sistem yang digunakan dapat berjalan seperti biasanya.
• Kebal virus tidak terserang virus apapun seperti yang terjadi pada Windows
• Dapat menggunakan TCP/IP
• Mendukung File System 32 Bit
• Multi User
• Dapat menggunakan User yang sama berulang kali tanpa harus menutup sesi yang sebelumnya di buka.
• Multitasking memungkinkan mengakses data secara bersamaan tanpa terjadinya hang pada komputer.
• Pemanfaatan memory secara optimal dengan membuat virtual memory
• Login User tanpa batas
• Mendukung 34 madan Akses Sistem File yang berbeda
• Menyediakan Emulator
• Partition Mounting yaitu dapat membagi partisi seperti MS Windows
• Linux dilengkapi juga dengan Proxy Server Local yang biasa digunakan oleh ISP dan juga kampus-kampus di seluruh dunia
• Dapat digunakan sebagai Web Server
• Dapat digunakan sebagai FTP Server
• Dilengkapi dengan Firewall
• Shell Programmable
• menyediakan semua Program dan aplikasi networking yang di butuhkan dalan satu CD
kelemahan
• Sistem operasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan Windows sehingga perlu waktu dan tenaga untuk belajar menggunakannya.
• Penggunaan WYSYWYG (What You See is What You Get) belum bisa secara menyeluruh, sehingga diperlikan trik tersendiri untuk menggunakannya.
• Sulit bagi pengguna awam untuk beradaptasi
Anda telah menggunakan MS Windows sejak tahun 1995 hingga kini? Maka Anda akan mengalami kesulitan saat mengoperasikan Linux. File System, Hirarki File, Hak Akses, Format File-nya sangat berbeda dengan MS Windows
• Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux.
• Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
Linux sebagai MP3 CD Server dan MP3 Box
Perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat menjadikan umur ekonomis komputer menjadi semakin pendek. Harga dari komputer akan semakin menurun seiiring dengan adanya teknologi momputer yang baru. Dalam tulisan ini penulis mencoba untuk memanfaatkan komputer yang memiliki nilai ekonomis yang rendah namun masih memiliki nilai teknis yang mampu didayagunakan yaitu dengan memanfaatkan Linux dengan kemampuan disklessnya untuk menjadikan Linux sebagai MP3 CD Server dan MP3 Box.
Sistem operasi flash disk
USB Flash Drive atau yang lebih dikenal dengan UFD atau flash disk merupakan sebuah periperal komputer yang populer pada sekarang ini. Flash disk sendiri sejatinya adalah sebuah alat penyimpanan data berbasis flash memory yang diintegrasikan dengan USB (Universal Serial Bus) konektor. Flash disk pada umumnya berbentuk kecil dan ringan. Sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana (bersifat portabel) dan memiliki kemampuan penyimpanan data yang cukup besar (mulai dari 8 mb hingga 16 gb). Selain itu, flash disk juga telah didukung oleh banyak sistem operasi (windows, linux, macintosh, dsb) dan tidak perlu di install (komputer akan dengan sendirinya menginstal sebuah driver flash disk – hal ini berlaku untuk sistem operasi modern). Hal ini membuat flash disk menjadi media penyimpanan portabel yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer.

Sistem operasi TV
Televisi terbaru ini bakal memilih Linux sebagai sistem operasinya. Pasalnya, sistem operasi Windows diyakini kurang efektif dalam mengurangi resiko penyebaran virus. Selain itu sistem operasi ini diyakini memiliki waktu yang lebih singkat untuk boot up.

Handphone menurut tipe Sistem Operasi (OS), dibagi menjadi 2 :
1. Tertutup (close operating system)
Yaitu, sistem operasi yang memang didesign/didevelop oleh pabrikan merk hp tersebut untuk digunakan pada produknya sendiri. Sehingga cara penggunaan/ user interfacenya tidak bisa kita temui pada merk hape yang lain.
Ex : Nokia OS –S40-, Sony Erricson, Motorola, dsb.
Jika dilihat dari :
- Multitasking
Dulu, handphone close OS seperti ini, masih belum bisa melakukan multitasking. Tapi sekarang, mulai dari tipe hp mid end sudah bisa melakukannya.
- 3rd Party Software / Aplikasi Pihak Ketiga
Hp dengan tipe OS ini, jika sudah dilengkapi dengan teknologi java mempunyai pilihan untuk menginstall aplikasi tambahan berbasis Java (J2ME).
2. Terbuka (open operating system)
sistem operasi yang didesign oleh developer untuk digunakan pada produk yang sesuai dengan platform yang sudah ditentukan (misal: ARM platform) . HP yang ber-OS tipe ini biasa disebut dengan smartphone.
ex : Symbian OS, Windows Mobile, RIM Blackberry, Linux OS, iPhone OS, Palm OS.
Sehingga OS tipe ini, bisa ditemukan pada merk HP yang berbeda. Seperti S60 : Tidak hanya Nokia S60, Siemens SX1, Samsung SGH-D730 pun mengadopsinya.
Windows Mobile : PDA dengan berbagai merk.
Jika dilihat dari :
- Multitasking
Mulai dari Symbian S60 v6.0 (1st edition) pun sudah mulai bisa melakukan hal ini.
- 3rd Party Software / Aplikasi Pihak Ketiga.
Biasanya selalu support Java, jadi selain mempunyai pilihan untuk menginstall aplikasi tambahan berbasis Java (J2ME). Juga bisa menginstall software khusus untuk OS tersebut.
Ex : Symbian OS : sis, sisx (Symbian Installer). Windows Mobile : cab, exe (tentu saja, bukan berarti sama dengan windows desktop)
Tentang Symbian OS ?
Symbian OS sendiri adalah milik Symbian Ltd, dimana :
Versi Symbian : Symbian OS v6.x, Symbian OS v7.x, Symbian OS v8.x, Symbian OS v9.x, Dan versi terakhir saat tulisan ini ditulis adalah Symbian OS 9.5
Symbian Jika dilihat dari User Interface-nya, dibagi menjadi :
- UIQ interface: digunakan untuk smartphone berbasis PDA (touchscreen), contoh Sony Ericsson series P,M600, Nokia 6708, dsb.
- Nokia Series 60 interface: Nokia S60 (Mulai dari N-Gage, 6600, banyak sekali…)
- Nokia Series 80 interface: Nokia communicator , 9210, 9300, 9500
- Nokia Series 90 interface: Nokia 7700, Nokia 7710 (satu-satunya yang diluncurkan).
- MOAP(S) : digunakan untuk NTT DoCoMo di Jepang

Tidak ada komentar: