Sabtu, 20 Agustus 2011

Red Cliff

Red Cliff (bahasa Tionghoa: 赤壁; pinyin: Chì Bì; Jyutping: Cek3 Bik1 ; arti harfiah: "Tebing Merah") adalah sebuah film epik-perang yang dibuat berdasarkan peristiwa Pertempuran Chibi tahun (208-209 M) dan berlangsung pada penghujung Dinasti Han sebelum memasuki periode Zaman Tiga Negara dalam Cina kuno. Film ini disutradarai oleh John Woo, dan dibintangi oleh Tony Leung, Takeshi Kaneshiro, Zhang Fengyi, Chang Chen, Hu Jun, Lin Chi-ling dan Zhao Wei.
Di Asia, Red Cliff dirilis dalam dua bagian, dengan total durasi selama empat jam. Bagian pertama dirilis bulan Juli 2008 dan yang kedua pada bulan Januari 2009. Diluar Asia, versi tunggal berdurasi 2,5 jam telah dirilis tahun 2009, meskipun versi dua-bagian kemudian dirilis dalam bentuk DVD dan Blu-ray di Inggris. Dengan perkiraan anggaran sebesar US$80 juta, Red Cliff merupakan film Asia yang termahal pada saat itu Bagian pertama dari film ini menghasilkan laba kotor sebesar US$127juta di Asia dan memecahkan rekor box office yang sebelumnya dipegang oleh film Titanic di Republik Rakyat Cina

Produksi film ini dilakukan oleh Lion Rock Entertainment dan China Film Group Corporation Distributor film yang bergabung dalam film ini antara lain Chengtian Entertainment (Cina), CMC Entertainment / 20th Century Fox (Cabang Taiwan), Mei Ah Entertainment (Hong Kong), Avex Group/Universal Studios (Jepang), Showbox (Korea Selatan), dan Summit Entertainment (international) yang berbasis di Los Angeles.
Pembuatan film Red Cliff dimulai pada pertengahan April 2007. Pengambilan gambar dilakukan di studio film di Beijing, dan di Provinsi Hebei dimana adegan perang angkatan laut itu dilakukan di atas dua bendungan yang masih aktif
Pada tanggal 9 Juni 2008, saat pembuatan film seorang stuntman tewas dalam sebuah kecelakaan kebakaran, yang juga mengakibatkan enam orang lainnya terluka.
Efek khusus pada film Red Cliff II diproduksi oleh Modus FX, The Orphanage, Frantic Films, Red FX and Prime Focus.




                         
Red Cliff I : 2 CD                                    Red Cliff2 : 2 CD
Rp. 20.000 + Ongkos Kirim                    Rp. 20.000 + Ongkos Kirim

                          

Tidak ada komentar: